Selasa, 03 September 2013

Perancangan Sistem Informasi Nilai Hasil Belajar Siswa Berbasis Web

BAB I

PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang
Penilaian hasil belajar kepada siswa didalam dunia pendidikan merupakan salah satu faktor  yang sangat penting, karena dengan adanya penilaian  hasil belajar, maka akan terlihat dengan jelas tingkat keberhasilan suatu penyelenggara pendididkan (sekolah) dalam mendidik siswanya. Adanya penilaian hasil belajar, juga akan memberikan gambaran yang jelas tentang prestasi hasil belajar siswa, baik secara individu maupun menyeluruh.
SDIT Al-istiqomah Perumnas 2 Tangerang merupakan salah satu sekolah swasta unggulan di kota tangerang yang menyelenggarakan pendidikan  Baca Tulis Qur’an (BTQ) di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) pada umumnya pemberian niali hasil belajar masih manual, yaitu menggunakan buku raport sebagai medianya, sehingga pengolahan data nilai membutuhkan waktu yang lama dan informasi yang dihasilkan hanya sebatas lingkungan sekolah saja. Tidak adanya media internet yang dapat memberikan media informasi yag lebih luas. Yang dapat diakases dengan mudah dan cepat.

1
Solusi pemecahan masalah dari kasus tersebut adalah dengan membuat sebuah sistem informasi penilaian hasil belajar kepada siswa berbasis web Adanya sistem ini, diharapkan dapat menggantikan sisem yang lama (manual) dengan sistem baru (website) sehingga pengolahan data nilai siswa akan lebih cepat akurat dan informasi yang dihasilkan akan lebih berkualitas dan bernilai. Selain itu, dengan adaanya sistem informasi ini siswa dapat dengan mudah mengakses informasi tentang nilai hasil belajarnya darimana saja dan kapan saja dengan menggunakan fasilitas internet.
          Maka menjadi sebuah infirasi penting  bagi penulis dalam proyek akhir ini untuk membuat sebuah sistem niformasi nilai siswa yang berbasis web, yang dapat diakses langsung oleh siswa, guru dan pihak sekolah, sehingga informasi yang diberikan guru lebih cepat, dan diterima  oleh siswa lebih mudah. Maka penulis ingin membuat sebuah penelitian dengan judul “Perancangan Sistem Informasi Nilai Hasil Belajar Siswa Berbasis Web Pada Sekolah SDIT Al-Istiqomah Tangerang”

1.2              Permasalahan Penelitian
Dalam setiap lembaga pendidikan yang belum atau sedang berkembang selalu dihadapkan pada permasalah dalam menjalankan suatu kegiatan. Mulai dari masalah yang sangat sederhana sampai dengan masalah yang cukup kompleks. Semua itu membutuhkan perhatian dan penanganan yang lebih fokus agar masalah tersebut dapat teratasi terutama dalam sistem informasi nilai siswa, dimana orang tua siswa dapat mengetahui sejauh mana perkembangan nilai anaknya disekolah dengan lebih mudah dan cepat, dan komunikasi orang tua siswa dengan guru wali untuk berkomentar bisa lebih mudah dan cepat.

1.2.1.   Identifikasi Masalah
1.           Pengolahan nilai siswa yang masih manual, sehingga informasi nilai yang diberikan masih lamban dan dinilai belum efisien.
2.      Belum adanya media informasi di sekolah yang memebrikan informasi hasil nilai siswa yang lebih meluas, tidak hanya di ruang lingkup sekolah saja .
1.2.2.  Perumusan Masalah
1.             Bagaimana cara membangun website sistem informasi nilai di sekolah SDIT al-istiqomah yang dapat diakses oleh siswa kapan dan dimana saja denga mudah dan cepat melalaui media  internet?
2.             Bagaimana cara siswa dapat melihat nilai hasil belajarnya dengan lebih mudah dan cepat.

1.2.3.  Batasan Masalah
Dalam penulisan skripsi ini penulis ingin menjelsakan luasnya ruang lingkup sistem informasi yang ada di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-istiqomah Tangerang. Namun untuk memastikan permasalahan yang ada agar tidak menyimpang dari permasalahan, maka penulis membuat batasan permasalahan yaitu:
1)             Perancangan sistem informasi ini mengenai penginputan  hasil nilai belajar siswa yang berjalan di SDIT Al-istiqomah
2)             Perancanga sistem informasi nilai siswa berbasis web dengan menggunakan media jaringan internet.




1.3  Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.3.1.  Tujuan Penelitian
1.           Penulis dapat mengetahui sistem informasi nilai siswa yang sedang berjalan di sekolah SDIT Al-Istiqomah Tangerang
2.           SDIT  Al_istiqomah mempunya sistem informasi nilai berbasis web yang dapat diakses dengan mudah, cepat dan efisien.
3.           Memudahkan akses informasi ke orang tua siswa dalam menyampaikan nilai siswa.
4.           Merancang Sistem Informasi Nilai Siswa Berbasis Web pada sekolah SDIT Al-istiqomah Tangerang.
1.3.2.   Manfaat Penelitian
1.           Bagi Penulis
Berguna dalam menambah wawasan pengetahuan baik teori maupun praktik, belajar menganalisa dan merancang sistem informasi nilai siswa berbasis web dan dapat mengambil kesimpulan atau permasalahan yang ada didalam sekolah, khususnya pada SDIT  Al-Istiqomah tangerang.
2.           Bagi siswa dan orang tua siswa
Hasil nilai yang telah diberikan oleh guru dapat dipertanggung jawabkan oleh siswa. Dan orang tua lebih mudah untuk mendapatkan informasi dan  memantau perkembangan nilai anaknya.
3.           Bagi SDIT Al-Istiqomah
Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dan dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam upaya perbaikan masalah yang terkait dalam sistem informasi nilai siswa, sehingga dapat memberikan informasi secara cepat dan tepat.

1.4    Metode Peneltian
Metodologi penulisan dapat diartikan sebagai cara mencapai suatu tujuan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, disini penulis mencari informasi suatu sistem yang sedang berjalan pada SDIT Al-istiqomah untuk dianalisa, dan penelitian merupakan usaha untuk menemukan dan mengembangkan terhadap kebenaran suatu peristiwa atau suatu pengetahuan dengan menggunakan suatu metode ilmiah. Cara kerja tersebut dalam penelitian disebut metodologi penelitian.

1.4.1.  Metode Pengumpulan data
            Metode pengumpulan data yang digukan dalam menyusun tugas akhir adalah:
1)           Kualitatif:
data yang dihimpun berdasarkan cara-cara yg melihat proses suatu objek penelitian. Data semacam ini lebih melihat kepada proses daripada hasil karena didasarkan pada deskripsi proses dan bukan pada perhitungan matematis. Teknik pengumpulan data meliputi pengamatan/observasi, wawancara, studi literatur/pustaka.
2)           Study pustaka (Library Research)
Study pustaka adalah salah satu pengmpulan data dengan cara mempelajari buku-buku ilmu pengetahuan dan makalah ilmiah yang berhubungan dengan perencanaan, anailisa, Sistem Informasi pengolahan hasil nilai siswa yang sedang berjalan di sekolah SDIT Al-istiqomah
3)           Study lapangan (Field Research)
Dalam penelitian ini dilakukan penelitian secara langsung di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) AL-ISTIQOMAH Tangerang dengancara:
a.         Wawancara (Interviw)
Wawancara dilakukan untuk mengetahui masalah yang timbul atau dialami langsung oleh yang bersangkutan. Dalam kegiatan ini diajukan pertanyaan lisan dan usaha untuk melengkapi data-data yang akan diperoleh. Wawancara dilakukan pada bagian-bagian yang terkait dengan sistem Informasi pengolahan hasil nilai siswa yang sedang berjalan di sekolah SDIT Al-istiqomah
b.        Pengamatan (Observasi)
Pengamatan /observasi adalah teknik pengumpulan data dengan mengamati secara langsung apa yang dikerjakan dilapangan dan melakukan pengamatan langsung terhadap Sistem Informasi hasil nilai siswa yang sedang berjalan di sekolah SDIT Al-istiqomah

1.4.2.  Metode Desain Sistem
Adapun penggunaan alat-alat bantu yang digunakan oleh peneliti dalam mendesain perangkat lunak tersebut adalah sebagai berikut:
1)           Bagan alur data (Data Flow Diagram)
2)           Bagan hubungan antar entitas (entity Ralationship Diagram/ ERD)
3)           Desain Antarmuka Program (Interface Program)



1.5  Sistematika Penulisan
            Untuk mengetahui dan memahami gambaran secara umum mengenai isi dari Tugas Akhir ini, maka penulisan Tugas Akhir ini dibagi dalam lima bab dengan sistematika penulisan sebagai berikut :        
Bab I         Pendahuluan
Berisikan tentang latar belakang masalah, identifikasi dan pembatasan masalah, maksud dan tujuan penelitian, kegunaan penelitian, metode penelitikan, lokasi dan waktu kegiatan, serta  sistematika penulisan.
Bab II       Tinjauan Pustaka
Berisikan tentang teori-teori, definisi, penegrtian Sistem, pengertian informasi, penegrtian sistem informasi, pengertian internet, penegtian website, HTTP, menggunakan bahasa HTML, PHP Adobe Dreamweaver, MYSQL database, Appserv webserver,  kerangka berfikir, analisa sistem informasi dan elemen-elemen sistem informasi.
Bab III      Perancangan Sistem Yang Berjalan
Dalam bab ini berisikan sejarah singkat sekolah, struktur organisasi, tugas dan wewenang, kebutuhan sistem, rancangan prosedural, mencakup diagram konteks dan  data flow diagram (DFD), analisis database, perancangan struktur program,  perancangan struktur menu, perancangan antar muka yang mencakup masukan dan keluaran.
BAB IV    Perncangan Sistenm Yang Diusulkan
Dalam bab ini menjelaskan tentang rancangan yang akan di usulkan, untuk memperbaiki sisten yang berjaln di sekolah atau mencari pemecahan masalah dari sistem yang berjalan dan memiliki kekurangan dalam sistematika mencakup usulan prosedur yang baru, diagram aliran data, kamus data, normalisasi, diagram Entity Rlationship EDR, Rancangan masukan dam keluaran.
Bab V       Kesimpulan dan Saran
Dalam bab ini akan diberikan penjelasan mengenai kesimpulan yang diperoleh dari hasil pembahasan yang berkaitan dengan judul Tugas Akhir serta saran yang diharapkan dapat memberikan kemajuan dan perbaikan bagi lembaga.

2 komentar:

  1. Bab 2 sampai seterusnya kok gak ada?

    BalasHapus
  2. Belajar Komputer: Perancangan Sistem Informasi Nilai Hasil Belajar Siswa Berbasis Web >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Belajar Komputer: Perancangan Sistem Informasi Nilai Hasil Belajar Siswa Berbasis Web >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Belajar Komputer: Perancangan Sistem Informasi Nilai Hasil Belajar Siswa Berbasis Web >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK uv

    BalasHapus