PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Penilaian hasil belajar kepada siswa
didalam dunia pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat penting, karena dengan adanya
penilaian hasil belajar, maka akan
terlihat dengan jelas tingkat keberhasilan suatu penyelenggara pendididkan
(sekolah) dalam mendidik siswanya. Adanya penilaian hasil belajar, juga akan
memberikan gambaran yang jelas tentang prestasi hasil belajar siswa, baik
secara individu maupun menyeluruh.
SDIT Al-istiqomah Perumnas 2 Tangerang
merupakan salah satu sekolah swasta unggulan di kota tangerang yang
menyelenggarakan pendidikan Baca Tulis
Qur’an (BTQ) di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) pada umumnya pemberian niali
hasil belajar masih manual, yaitu menggunakan buku raport sebagai medianya,
sehingga pengolahan data nilai membutuhkan waktu yang lama dan informasi yang
dihasilkan hanya sebatas lingkungan sekolah saja. Tidak adanya media internet
yang dapat memberikan media informasi yag lebih luas. Yang dapat diakases
dengan mudah dan cepat.
1
|
Maka
menjadi sebuah infirasi penting bagi penulis
dalam proyek akhir ini untuk membuat sebuah sistem niformasi nilai siswa yang
berbasis web, yang dapat diakses
langsung oleh siswa, guru dan pihak sekolah, sehingga informasi yang diberikan
guru lebih cepat, dan diterima oleh
siswa lebih mudah. Maka penulis ingin membuat sebuah penelitian dengan judul “Perancangan Sistem Informasi Nilai Hasil
Belajar Siswa Berbasis Web Pada Sekolah SDIT Al-Istiqomah Tangerang”
1.2
Permasalahan Penelitian
Dalam setiap lembaga pendidikan yang
belum atau sedang berkembang selalu dihadapkan pada permasalah dalam
menjalankan suatu kegiatan. Mulai dari masalah yang sangat sederhana sampai
dengan masalah yang cukup kompleks. Semua itu membutuhkan perhatian dan
penanganan yang lebih fokus agar masalah tersebut dapat teratasi terutama dalam
sistem informasi nilai siswa, dimana orang tua siswa dapat mengetahui sejauh
mana perkembangan nilai anaknya disekolah dengan lebih mudah dan cepat, dan
komunikasi orang tua siswa dengan guru wali untuk berkomentar bisa lebih mudah
dan cepat.
1.2.1. Identifikasi Masalah
1.
Pengolahan nilai
siswa yang masih manual, sehingga informasi nilai yang diberikan masih lamban
dan dinilai belum efisien.
2.
Belum adanya
media informasi di sekolah yang memebrikan informasi hasil nilai siswa yang
lebih meluas, tidak hanya di ruang lingkup sekolah saja .
1.2.2. Perumusan Masalah
1.
Bagaimana cara
membangun website sistem informasi
nilai di sekolah SDIT al-istiqomah yang dapat diakses oleh siswa kapan dan
dimana saja denga mudah dan cepat melalaui media internet?
2.
Bagaimana
cara siswa dapat melihat nilai hasil belajarnya dengan lebih mudah dan cepat.
1.2.3. Batasan Masalah
Dalam penulisan skripsi ini penulis
ingin menjelsakan luasnya ruang lingkup sistem informasi yang ada di Sekolah
Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-istiqomah Tangerang. Namun untuk memastikan
permasalahan yang ada agar tidak menyimpang dari permasalahan, maka penulis
membuat batasan permasalahan yaitu:
1)
Perancangan
sistem informasi ini mengenai penginputan hasil nilai belajar siswa yang berjalan di
SDIT Al-istiqomah
2)
Perancanga sistem
informasi nilai siswa berbasis web dengan menggunakan media jaringan internet.
1.3 Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.3.1. Tujuan Penelitian
1.
Penulis dapat
mengetahui sistem informasi nilai siswa yang sedang berjalan di sekolah SDIT
Al-Istiqomah Tangerang
2.
SDIT Al_istiqomah mempunya sistem informasi nilai berbasis
web yang dapat diakses dengan mudah, cepat dan efisien.
3.
Memudahkan akses
informasi ke orang tua siswa dalam menyampaikan nilai siswa.
4.
Merancang Sistem
Informasi Nilai Siswa Berbasis Web pada sekolah SDIT Al-istiqomah Tangerang.
1.3.2. Manfaat Penelitian
1.
Bagi Penulis
Berguna
dalam menambah wawasan pengetahuan baik teori maupun praktik, belajar
menganalisa dan merancang sistem informasi nilai siswa berbasis web dan dapat
mengambil kesimpulan atau permasalahan yang ada didalam sekolah, khususnya pada
SDIT Al-Istiqomah tangerang.
2.
Bagi siswa
dan orang tua siswa
Hasil
nilai yang telah diberikan oleh guru dapat dipertanggung jawabkan oleh siswa.
Dan orang tua lebih mudah untuk mendapatkan informasi dan memantau perkembangan nilai anaknya.
3.
Bagi SDIT Al-Istiqomah
Hasil
penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dan dijadikan sebagai bahan
pertimbangan dalam upaya perbaikan masalah yang terkait dalam sistem informasi
nilai siswa, sehingga dapat memberikan informasi secara cepat dan tepat.
1.4 Metode
Peneltian
Metodologi penulisan dapat
diartikan sebagai cara mencapai suatu tujuan sesuai dengan tujuan yang ingin
dicapai, disini penulis mencari informasi suatu sistem yang sedang berjalan
pada SDIT Al-istiqomah untuk dianalisa, dan penelitian merupakan usaha untuk
menemukan dan mengembangkan terhadap kebenaran suatu peristiwa atau suatu
pengetahuan dengan menggunakan suatu metode ilmiah. Cara kerja tersebut dalam
penelitian disebut metodologi penelitian.
1.4.1. Metode Pengumpulan data
Metode
pengumpulan data yang digukan dalam menyusun tugas akhir adalah:
1)
Kualitatif:
data yang dihimpun berdasarkan cara-cara yg melihat proses suatu objek penelitian. Data
semacam ini lebih melihat kepada proses daripada hasil karena didasarkan pada
deskripsi proses dan bukan pada perhitungan matematis. Teknik pengumpulan data
meliputi pengamatan/observasi, wawancara, studi literatur/pustaka.
2)
Study
pustaka (Library Research)
Study pustaka adalah salah satu
pengmpulan data dengan cara mempelajari buku-buku ilmu pengetahuan dan makalah
ilmiah yang berhubungan dengan perencanaan, anailisa, Sistem Informasi pengolahan hasil nilai siswa yang sedang berjalan di sekolah SDIT
Al-istiqomah
3)
Study
lapangan (Field Research)
Dalam penelitian ini dilakukan
penelitian secara langsung di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) AL-ISTIQOMAH
Tangerang dengancara:
a.
Wawancara (Interviw)
Wawancara dilakukan untuk mengetahui masalah
yang timbul atau dialami langsung oleh yang bersangkutan. Dalam kegiatan ini
diajukan pertanyaan lisan dan usaha untuk melengkapi data-data yang akan
diperoleh. Wawancara dilakukan pada bagian-bagian yang terkait dengan sistem Informasi pengolahan hasil nilai siswa yang sedang berjalan di sekolah SDIT
Al-istiqomah
b.
Pengamatan
(Observasi)
Pengamatan /observasi
adalah teknik pengumpulan data dengan mengamati secara langsung apa yang
dikerjakan dilapangan dan melakukan pengamatan langsung terhadap Sistem
Informasi hasil nilai siswa
yang sedang berjalan di sekolah SDIT Al-istiqomah
1.4.2.
Metode Desain Sistem
Adapun
penggunaan alat-alat bantu yang digunakan oleh peneliti dalam mendesain
perangkat lunak tersebut adalah sebagai berikut:
1)
Bagan alur data (Data Flow Diagram)
2)
Bagan hubungan antar entitas (entity Ralationship Diagram/ ERD)
3)
Desain Antarmuka Program (Interface Program)
1.5 Sistematika Penulisan
Untuk
mengetahui dan memahami gambaran secara umum mengenai isi dari Tugas Akhir ini, maka penulisan Tugas Akhir ini dibagi dalam lima bab
dengan sistematika penulisan sebagai berikut :
Bab I Pendahuluan
Berisikan tentang latar belakang
masalah, identifikasi dan pembatasan masalah, maksud dan tujuan penelitian,
kegunaan penelitian, metode penelitikan, lokasi dan waktu kegiatan, serta sistematika penulisan.
Bab II Tinjauan Pustaka
Berisikan tentang teori-teori,
definisi, penegrtian Sistem, pengertian
informasi, penegrtian sistem informasi, pengertian internet, penegtian website,
HTTP, menggunakan bahasa HTML, PHP Adobe Dreamweaver, MYSQL database, Appserv webserver, kerangka berfikir, analisa sistem informasi
dan elemen-elemen sistem informasi.
Bab III Perancangan Sistem Yang
Berjalan
Dalam bab ini berisikan sejarah singkat sekolah, struktur organisasi,
tugas dan wewenang, kebutuhan sistem, rancangan
prosedural, mencakup diagram konteks dan
data flow diagram (DFD), analisis database, perancangan struktur
program, perancangan struktur menu,
perancangan antar muka yang mencakup masukan dan keluaran.
BAB IV Perncangan Sistenm Yang Diusulkan
Dalam
bab ini menjelaskan tentang rancangan yang akan di usulkan, untuk memperbaiki
sisten yang berjaln di sekolah atau mencari pemecahan masalah dari sistem yang
berjalan dan memiliki kekurangan dalam sistematika mencakup usulan prosedur
yang baru, diagram aliran data, kamus data, normalisasi, diagram Entity
Rlationship EDR, Rancangan masukan dam keluaran.
Bab V Kesimpulan dan Saran
Dalam bab ini akan diberikan penjelasan mengenai
kesimpulan yang diperoleh dari hasil pembahasan yang berkaitan dengan judul
Tugas Akhir serta saran yang diharapkan dapat memberikan kemajuan dan perbaikan
bagi lembaga.
Bab 2 sampai seterusnya kok gak ada?
BalasHapusBelajar Komputer: Perancangan Sistem Informasi Nilai Hasil Belajar Siswa Berbasis Web >>>>> Download Now
BalasHapus>>>>> Download Full
Belajar Komputer: Perancangan Sistem Informasi Nilai Hasil Belajar Siswa Berbasis Web >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Belajar Komputer: Perancangan Sistem Informasi Nilai Hasil Belajar Siswa Berbasis Web >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK uv